Siang Teramat Panas, Dubai Buka Pantai Malam Hari

N Zaid - Travel 09/10/2024
Pantai Dubai di malam hari. Foto: Yango Maps
Pantai Dubai di malam hari. Foto: Yango Maps

Oase.id - Suhu musim panas yang sangat menyengat di siang hari, membuat Dubai mencari cara agar penghuni kotanya tetap dapat menikmati waktu di luar ruangan. Solusinya, mereka membuka kegiatan pantai di malam hari.

Untuk keamanan, fasilitas keamanan ditingkatkan. Pantai dipasangi lampu sorot. Penjaga pantai lengkap dengan teropong penglihatan malamnya juga disiagakan.  

Ide tersebut, di salah satu wilayah terpanas di dunia, dengan suhu yang terus meningkat akibat perubahan iklim, terbukti populer – lebih dari 1 juta orang telah mengunjungi pantai malam sejak tahun lalu, kata seorang pejabat.

Bahkan dengan sebagian besar wilayah disibukkan dengan konflik yang meluas, pantai malam tetap ramai pada malam akhir pekan.

"Suhu turun di malam hari setelah matahari terbenam. Jadi, ya, itu menakjubkan," kata Mohammed, 32, dari Pakistan, yang membawa anak-anaknya untuk menikmati laut tanpa harus khawatir dengan terik matahari Teluk.

Bagi penduduk Dubai, kota metropolitan gurun yang dekat pantai dengan penduduk sekitar 3,7 juta orang, musim panas dari Juni hingga Oktober merupakan ujian tahunan.

Dengan suhu yang secara teratur mencapai lebih dari 40 derajat Celsius (104 derajat Fahrenheit), sering kali dengan kelembapan tinggi, aktivitas luar ruangan sangat terbatas.

Kota ini kini memiliki lebih dari 800 meter pantai malam khusus yang dilengkapi dengan jaring hiu dan diterangi oleh lampu sorot raksasa yang terang.

"Saat Anda ... mandi di dalam air, Anda dapat melihat pasir bahkan di kaki dan tangan Anda dan semuanya," kata Mohammed, yang telah tinggal di Dubai selama satu dekade.

Penjaga pantai ditempatkan 24 jam sehari dan, di balik silau lampu sorot, mereka menggunakan teropong penglihatan malam untuk mengawasi perenang atau pendayung kayak yang berada lebih jauh di dalam air.

Para pejabat juga menguji sistem kamera kecerdasan buatan yang dimaksudkan untuk mendeteksi saat orang dalam kesulitan.

'Rasanya seperti mandi'
Hampir tengah malam pada hari Jumat baru-baru ini, dengan suhu masih di atas 30C, pantai Umm Suqeim dipenuhi orang – sebagian besar ekspatriat.

Mary Bayarka, pelatih kebugaran berusia 38 tahun dari Belarus, menikmati berada di luar setelah "hari yang panjang dan panas," meskipun air laut Teluk sedikit hangat.

"Rasanya seperti (saya) sedang mandi," katanya.

Di dekatnya, pramuniaga Filipina Laya Manko mengubur tubuhnya di pasir. Pantai menjadi pelarian bagi perempuan berusia 36 tahun ini, salah satu dari ratusan ribu pekerja migran yang menjaga perekonomian Dubai tetap berjalan.

"Setiap akhir pekan kami datang ke sini untuk bersenang-senang," katanya. "Kadang-kadang kami tidur di sini bersama teman-teman saya.

"Karena Anda bekerja keras di Dubai, Anda merasa perlu bersantai. Ya, ini pelepas stres saya," kata Manko.

Bagi pihak berwenang, pantai malam adalah cara lain untuk menggoda wisatawan, terutama di musim panas ketika panas yang menyengat biasanya membuat mereka tetap berada di dalam ruangan.

"Saya yakin kita adalah satu-satunya kota di dunia yang memiliki infrastruktur seperti itu di pantai umum pada malam hari," kata Hamad Shaker, seorang pejabat dari kotamadya Dubai.

Cuaca ekstrem
Dubai dulunya sepi di musim panas karena banyak ekspatriat yang melarikan diri dari panas, kata Manuela Gutberlet, seorang peneliti pariwisata di Universitas Breda di Belanda.

"Namun dengan atraksi seperti gedung tertinggi di dunia, mal raksasa, dan taman hiburan dalam ruangan, kota ini telah menjadi tujuan wisata perkotaan sepanjang tahun, yang menarik lebih dari 17 juta pengunjung tahun lalu," katanya.

Namun, perubahan iklim dapat membatasi ambisinya, Gutberlet memperingatkan, mengutip hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang melumpuhkan kota selama beberapa hari pada bulan April.

Peristiwa cuaca ekstrem dan peningkatan suhu lebih lanjut dapat membuat beberapa pengunjung enggan, katanya, menyoroti perlunya untuk "beradaptasi dengan cepat terhadap risiko baru."

Sementara itu, warga Prancis Laziz Ahmed, 77 tahun, menemukan dirinya berada di pantai pada malam hari selama liburan pertamanya di Dubai, di mana ia sedang mengunjungi kerabatnya.

"Pada siang hari, saya tidak banyak keluar," katanya. "Pada malam hari saya menebusnya," imbuh dia.


(ACF)
TAGs: Travel