Kisah Legenda UFC Royce Gracie Memeluk Islam

N Zaid - Mualaf 19/09/2024
Royce Gracie. Foto: Ist Middleeastmonitor
Royce Gracie. Foto: Ist Middleeastmonitor

Oase.id - Legenda Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) dan pelopor Seni Bela Diri Campuran (MMA), Royce Gracie telah masuk Islam setelah pertemuan dengan Youtuber Muslim Eddie Redzovic (yang juga pemegang sabuk hitam BJJ dan pendiri Tim Redzovic di Chicago) dan pendakwah Muslim terkemuka Syaikh Uthman Ibn Farooq.

Dalam episode The Deen Show milik Redzovic yang ditayangkan pada awal Maret, juara pertama dan tiga kali turnamen UFC, Gracie, berbicara mengenai pemikirannya tentang Islam, genosida yang terjadi di Gaza, dan niatnya untuk mengunjungi kota suci Mekkah. 

Ia juga menyebutkan, "Saya tidak minum alkohol. Saya tidak makan daging babi," yang sudah sejalan dengan praktik Islam.

Berita tentang masuknya Gracie ke Islam muncul hanya 10 hari setelah petarung terkenal itu mendapat kecaman di media sosial atas unggahannya yang tampaknya mendukung Israel. Dalam unggahan di Instagram yang dibuat pada 19 Februari, yang masih belum dihapus, ia berkata:

“Ketika pertama kali mendengar tentang apa yang terjadi di Israel, saya tidak ragu untuk menghubungi teman-teman saya di sana secara pribadi. Namun sekarang, saya ingin menegaskannya dengan lantang dan jelas: Saya mendukung Anda, dan saya mendukung Israel melawan kelompok teroris atau segala bentuk terorisme.”

Setelah itu, pemegang sabuk hitam BJJ Idriz Redzovic, sepupu Eddie, dilaporkan telah mengatur pertemuan di Deen Center. Idriz Redzovic menyatakan:

“Sebelum semua orang datang ke sini dan mulai membenci postingan IG Royce Gracie tentang sikap Israel minggu lalu, dia tampil di acara itu untuk mendengar sisi lain dari cerita tersebut, sisi Palestina. Dia akhirnya mengucapkan syahadatnya. Allah adalah yang terbaik dari semua perencana.”

“Bersabarlah dan tunggu untuk melihat acara yang akan segera ditayangkan di deenshow sebelum Anda mengatakan sesuatu yang salah. Kita adalah Muslim dan tidak boleh bertindak seperti orang lain yang bukan Muslim,” Redzovic mengatakan ketika itu. (middleeastmonitor)


(ACF)
TAGs: Mualaf