Filipina Mengundang Kemitraan Saudi dalam Industri Halal dan Energi Terbarukan

N Zaid - Produk Halal 10/05/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Filipina menyatakan terbuka untuk memperluas kemitraan dengan Arab Saudi di sektor-sektor prioritas utama, termasuk energi terbarukan dan industri halal.

Penggunaan energi terbarukan diumumkan sebagai isu utama dalam agenda iklim negara tersebut pada pidato kenegaraan pertama Presiden Ferdinand Marcos Jr. pada tahun 2022.

Energi terbarukan menyumbang sekitar 30 persen terhadap bauran energi Filipina, yang didominasi oleh batu bara dan minyak. Pemerintah berupaya meningkatkannya menjadi 35 persen pada tahun 2030 dan 50 persen pada tahun 2040, serta menjadikan energi terbarukan lebih mudah diakses oleh masyarakat.

“Mengingat peran Kerajaan dalam penyediaan energi konvensional dan terbarukan, Filipina terbuka terhadap kemungkinan kemitraan di bidang energi terbarukan,” Menteri Luar Negeri Enrique Manalo mengatakan kepada Arab News minggu ini.

Kesepakatan untuk meningkatkan kerja sama di bidang ini dicapai pada bulan Oktober, saat kunjungan Presiden Ferdinand Marcos ke Kerajaan atas undangan Kerajaan Saudi Mohammed bin Salman.

Delegasi bisnis yang mendampingi presiden menandatangani perjanjian investasi kolektif senilai lebih dari US$4,26 miliar dengan para pemimpin bisnis Saudi.

“Dengan peran Arab Saudi sebagai pusat bisnis dan politik regional, kami ingin meningkatkan investasi,” kata Manalo.

“Selanjutnya, di tengah perubahan lanskap dan inisiatif diversifikasi ekonomi di kawasan ini, kami bercita-cita untuk memperluas kemitraan kami di bidang pertanian, pariwisata, dan industri halal.”

Pada bulan Januari, Filipina yang mayoritas penduduknya beragama Katolik – dengan populasi Muslim sekitar 10 persen dari hampir 120 juta penduduknya – meluncurkan Rencana Strategis Pengembangan Industri Halal untuk memasuki pasar halal global, yang diperkirakan bernilai lebih dari US$7 triliun.

Rencana tersebut bertujuan untuk menggandakan output industri dalam empat tahun ke depan, menciptakan 120.000 lapangan kerja baru dan menarik investasi sebesar US$4 miliar pada tahun 2028.(arabnews)


(ACF)
TAGs: Produk Halal