Bafra Pide dari Samsun Türkiye Jadi Roti Terbaik Dunia

N Zaid - Kuliner 03/07/2024
Foto: Dailysabah
Foto: Dailysabah

Oase.id - Masakan Samsun yang ditandai secara geografis, Bafra pide, menonjol tidak hanya karena rasanya, yang diakui oleh otoritas kuliner di seluruh dunia, tetapi juga karena persiapan dan proses pembuatannya, yang membedakannya dari pides lainnya.

Dalam "Daftar Makanan Terbaik Dunia", Samsun menempati dua tempat teratas dalam kategori "Roti Terbaik". Taste Atlas, sumber penting di dunia gastronomi, menempatkan Bafra dan Samsun pides di urutan teratas daftar "10 Roti Teratas". 

Hidangan Samsun ini, yang terdaftar sebagai Bafra pide dan Samsun pide, melampaui pao de queijo dari Brasil, roti canai dari Malaysia, pan de bono dari Kolombia, qutab dari Azerbaijan, piadina romagnola dari Italia, serta naan bawang putih mentega dan amritsari kulcha dari India.

“Pelanggan yang mencicipi pide sangat menikmatinya,” kata master pide Necati Koçak, mengungkapkan bahwa setiap orang yang mencoba rasa terdaftar menyukainya.

“Saya telah menjadi master pide selama 10 tahun. Kami melayani untuk memperkenalkan rasa pide Bafra kepada kami orang. Isi pide kami siapkan dengan daging cincang tanpa lemak panggang yang dicampur dengan bawang bombay mentah yang dicincang halus. Isian ini kami masukkan ke dalam adonan pide, diregangkan setipis dan sepanjang mungkin, lalu dipanggang dalam oven berbahan bakar kayu hingga matang. renyah dan pecah-pecah selama sekitar 25 menit. Ciri terpenting dari pide adalah keraknya yang tipis, panjang, dan renyah. Rasanya semakin nikmat dengan mentega buatan lokal,' katanya.

“Yang mencicipi pide sangat menikmatinya. Bahkan mereka mengirimkannya ke tamunya di luar negeri. Bagi yang mau, kami membekukan dan mengirimkan pidenya. Dengan begitu, kami mengirim pide baik ke luar negeri maupun ke kota lain. Masyarakat menikmati rasa ini dengan senang hati, baik pagi, siang, sore atau malam. Adonan pide didiamkan selama satu hari. Setelah ragi 170 gram adonan mengembang dan mengembang, kita gulung dan isi dengan isian pide, kami mengoleskan mentega di atasnya dan dengan senang hati menyajikannya kepada pelanggan kami,” tambahnya.

“Meski saya sudah tujuh tahun di Samsun, setiap kali saya ke restoran, saya hanya makan pide,” kata Ali Karabenli, mengungkapkan kesukaannya pada Bafra pide dibandingkan hidangan lainnya.

"Pide, bisa saya katakan dengan satu kata, 'sempurna'. Saya sangat suka Bafra pide. Saya mendengar bahwa Bafra pide terpilih sebagai roti terbaik di dunia. Ini sama sekali tidak mengejutkan saya. Karena saya menyukainya Saking banyaknya, aku selalu mengajak teman-temanku untuk memakannya,” ungkapnya.

Ümit Alparslan, yang berkunjung dari Mersin, tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah mencoba Bafra pide untuk pertama kalinya. Ia menceritakan bagaimana temannya bersikeras agar mereka mengunjungi Samsun hanya untuk mencicipinya yang membuat setiap gigitannya terasa nikmat. 

Membandingkan penampilannya dengan cane goreng, dia pasti kagum dengan rasanya yang manis. Alparslan dengan percaya diri menyatakan Bafra pide sebagai salah satu hidangan terbaik Türkiye, dan percaya bahwa hidangan tersebut layak mendapatkan pengakuan di seluruh dunia.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Kuliner