Lebih dari 10 Juta Orang Kunjungi Al-Rawda Al-Sharifa pada 2024

N Zaid - Sirah Nabawiyah 14/10/2024
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Lebih dari 10 juta jamaah telah salat di Al-Rawda Al-Sharifa di Masjid Nabawi sejauh ini pada tahun 2024. Menurut statistik yang dirilis oleh Otoritas Umum untuk Perawatan Urusan Masjid Nabawi, total 5.583.885 pria dan 4.726.247 wanita telah salat di Al-Rawda Al-Sharifa. 

Statistik tersebut menunjukkan bahwa waktu tunggu rata-rata sebelum memasuki Al-Rawda Al-Sharifa adalah 20 menit, dengan jumlah pengunjung per hari mencapai 48.000 orang. 

Program sosialisasi diberikan kepada pengunjung dalam 11 bahasa. Upaya ini mencerminkan komitmen otoritas untuk memfasilitasi ibadah dan kunjungan ke Al-Rawda Al-Sharifa, serta kunjungan ke makam Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya. 

Inisiatif ini sejalan dengan aspirasi kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi untuk meningkatkan layanan bagi pengunjung dan jamaah di Masjid Nabawi.

Dikutip dari Himpuh, Arab Saudi mengumumkan aturan terbaru terkait Raudhah di Masjid Nabawi pada Desember 2023 lalu. Lokasi makam Nabi Muhammad itu hanya bisa dikunjungi jemaah haji atau umrah sekali dalam setahun.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan bahwa izin kunjungan ke tempat yang dihormati ini dikeluarkan setiap 365 hari.

Kementerian juga menekankan bahwa izin kunjungan harus diterbitkan secara elektronik melalui aplikasi Nusuk atau Tawakklna, dengan syarat pemohon tidak terinfeksi Covid-19 dan tidak berinteraksi dengan pasien.

Jemaah yang ingin mengunjungi dan berdoa di Raudhah harus mendapatkan izin resmi sebelum kedatangan.

Raudhah sendiri merupakan sebuah area di dalam Masjid Nabawi yang lokasinya berada di antara rumah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan mimbar yang digunakan untuk berdakwah. Sebagaimana diketahui, rumah Rasulullah SAW saat ini menjadi makam beliau.

Area ini disebut juga sebagai lokasi yang mustajab untuk memanjatkan doa. Raudhah menjadi begitu spesial dan sangat diincar oleh kaum muslim dari seluruh dunia lantaran di tempat itulah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam menerima wahyu, memimpin sholat berjamaah, sampai melakukan ibadah.(spa)


(ACF)