Gerbang Raja Abdullah di Masjidil Haram Gerbang Terbesar di Dunia

N Zaid - Nabawi 11/08/2024
Foto: theislamicinformation
Foto: theislamicinformation

Oase.id - Gerbang Raja Abdullah bin Abdulaziz diakui sebagai gerbang tertinggi dan terbesar di Masjidil Haram dan menyandang gelar gerbang terbesar di dunia. Faktai itu diungkap Otoritas Umum untuk Perawatan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Berdiri setinggi 13,3 meter dan lebar 7,7 meter, serta berat 14 ton, gerbang yang mengesankan ini, yang diberi nomor 100, dikenal karena desain arsitektur modernnya yang dipadukan dengan seni dekoratif Islam.

Gerbang ini memiliki tiga lengkungan eksternal dan tiga lengkungan internal, dengan tiga balkon yang diposisikan di atasnya.

Gerbang ini dimahkotai oleh dua menara yang tingginya melampaui menara lainnya di Masjidil Haram. Konstruksi gerbang yang mencolok dan desain yang rumit telah menjadikannya tengara yang menonjol.

Otoritas Umum juga melaporkan bahwa Masjidil Haram memiliki total 210 gerbang, masing-masing dilengkapi dengan panel digital yang memberi sinyal hijau ketika masjid dibuka untuk jamaah dan merah ketika mencapai kapasitas penuh.

Departemen Manajemen Gerbang memainkan peran penting dalam memfasilitasi kelancaran pergerakan dan memastikan lingkungan yang sesuai untuk beribadah dan melakukan ritual di Masjidil Haram.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs: Nabawi