Alquran dari Koleksi Sultan Abdulhamid II Dikembalikan ke Turki

N Zaid - Turki 21/07/2024
Ilustrasi. Foto: AA
Ilustrasi. Foto: AA

Oase.id  - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki mengumumkan bahwa jumlah artefak sejarah yang dikembalikan ke negeri itu sejak tahun 2002 telah mencapai 12.139.

Menurut pernyataan kementerian, upaya signifikan telah dilakukan untuk mengembalikan berbagai artefak yang berkontribusi terhadap kekayaan warisan sejarah dan budaya Türkiye.

Artefak berharga yang dikembalikan dari Inggris, Italia, dan AS telah diintegrasikan kembali ke dalam kekayaan budaya Türkiye.

Misalnya, Alquran dari koleksi Sultan Abdulhamid II, yang dijual di Inggris pada tahun 2017 dan diidentifikasi telah dihapus secara ilegal, dikembalikan ke Türkiye dan sekarang disimpan di Museum Seni Turki dan Islam Istanbul sejak 5 April 2023.

Patung kaisar perunggu yang dilelang oleh Christie's di New York pada tahun 2011 ditemukan telah dipindahkan secara ilegal dari Türkiye, kontak dilakukan dengan individu yang memegang artefak tersebut, dan bukti diberikan.

Kolektor, setelah diberitahu asal muasalnya yang ilegal, menerima bahwa artefak tersebut milik Republik Türkiye, patung tersebut dikembalikan dan diperkenalkan ke publik di Museum Antalya pada 2 Februari 2024.

Tubuh marmer seorang wanita muda, juga dilelang oleh Christie's pada tahun 2021, diidentifikasi berasal dari Türkiye setelah pemeriksaan ahli dan termasuk di antara artefak yang dikembalikan.

Artefak tersebut ditempatkan di Museum Peradaban Anadolu pada 26 Januari 2024. Selain itu, 11 artefak tanah liat panggang yang dipastikan berasal dari Turki dikembalikan ke Türkiye oleh Kedutaan Besar Turki di Roma pada 24 Januari 2024, setelah penyelidikan jaksa Florence dan penyelesaian laporan ilmiah dan prosedur hukum.

Sejak tahun 2002, jumlah artefak yang dikembalikan ke Türkiye telah mencapai 12.139, dengan 7.823 dikembalikan sejak tahun 2018.(aa)


(ACF)
TAGs: Turki