Buku Inovasi Mewujudkan Masjid Ramah untuk Kemaslahatan Semua Diluncurkan

N Zaid - Masjid 04/10/2024
Foto:Kemenag
Foto:Kemenag

Oase.id - Buku berjudul Inovasi Mewujudkan Masjid Ramah untuk Kemaslahatan Semua ditulis oleh 27 penulis hasil seleksi dari proses Call for Paper Dev-X pada awal 2024. Buku ini telah diluncurkan oleh Kementerian Agama di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Kamis (3/10/2024). 

Peluncuran dan bedah buku ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPeRa) serta International Symposium on Innovative Masjid (ISIM) 2024. Hadir, 80 peserta yang tersebut atas akademisi, peneliti, pengurus masjid, guru, serta masyarakat umum.

“Buku ini akan menambah wawasan para pembaca tentang konsep masjid ramah. Lebih dari itu, tentu diharapkan dapat mendorong implementasi masjid ramah,” ujar Plt Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ahmad Zayadi, Kamis (3/10/2024). 

Kategori masjid ramah yang dibahas dalam buku ini mencakup masjid ramah anak dan perempuan, difabel dan lansia, lingkungan, keragaman, serta dukungan untuk kaum duafa dan musafir. Zayadi menjelaskan, kategori-kategori ini dirancang untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan inklusif bagi semua kalangan.

“Tulisan di dalam buku ini mungkin belum sepenuhnya menggambarkan keutuhan konsep masjid ramah. Tapi, ini sebagai stimulus bagi pembaca untuk menemukan dan mengonsolidasikan ide besar masjid ramah,” tambah Zayadi. (kemenag)


(ACF)
TAGs: Masjid