Ini Berbagai Fadilah Doa Turun Hujan

N Zaid - Doa saat Hujan 05/07/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Doa ketika turun hujan memiliki banyak keutamaan dan manfaat (fadilah) bagi umat Islam. Berikut adalah beberapa keutamaan dari doa ketika hujan turun:

Tanda Kesyukuran dan Pengakuan Atas Nikmat Allah:
Mengucapkan doa ketika hujan turun adalah bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah. Hujan adalah salah satu bentuk rahmat Allah yang membawa kehidupan dan keberkahan.

Memperoleh Berkah dari Allah:
Berdoa saat hujan turun diharapkan dapat mendatangkan keberkahan dari Allah. Hujan adalah waktu yang diberkahi, dan doa-doa yang dipanjatkan di waktu ini lebih mungkin dikabulkan.

Mengikuti Sunnah Nabi:
Berdoa ketika hujan turun adalah mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Beliau mengajarkan umatnya untuk berdoa dalam setiap kesempatan, termasuk saat turun hujan, sehingga menjalankan sunnah ini membawa pahala.

Memohon Perlindungan dan Kebaikan:
Dalam doa hujan, umat Islam memohon kepada Allah agar hujan yang turun membawa kebaikan dan dijauhkan dari segala bahaya. Ini adalah bentuk permohonan perlindungan kepada Allah dari segala hal yang buruk.

Berikut beberapa doa yang dianjurkan ketika hujan turun:

Doa Saat Hujan Turun:

"Allahumma shoyyiban naafi'an." (Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat.)

Doa Saat Hujan Lebat:

"Allahumma hawalayna la 'alayna. Allahumma 'alal aakami wazziraabi, wa butuunil awdiyati, wa manaabitish shajari." (Ya Allah, turunkanlah hujan ini di sekitar kami, jangan di atas kami. Ya Allah, turunkanlah di bukit-bukit, di gunung-gunung, di lembah-lembah, dan di tempat tumbuhnya pepohonan.)

Dengan membaca doa-doa ini, umat Islam diharapkan dapat mengambil berkah dari hujan yang turun dan memohon agar hujan tersebut membawa manfaat serta kebaikan, bukan mudarat.


(ACF)