Penerbit Jerman Pamerkan Manuskrip Langka di Pameran Buku Riyadh

N Zaid - Tradisi dan Budaya 02/10/2024
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Penerbit Jerman Mueller dan Schindler berpartisipasi dalam Pameran Buku Internasional Riyadh untuk tahun ketiga berturut-turut dengan memamerkan manuskrip dan buku langka.

Harta karun sastra dalam pertemuan tahunan ini merupakan daya tarik utama bagi para pecinta buku dan akademisi.

Mueller dan Schindler mengkhususkan diri dalam membuat replika teks bersejarah berkualitas tinggi yang biasanya tidak dapat diakses oleh publik.

Di antara karya mereka yang luar biasa adalah catatan Leonardo da Vinci yang terkenal, dan pilihan karya Arab, termasuk Al-Qur'an Biru yang terkenal.

Pameran mereka di pameran tersebut tidak hanya menyoroti keindahan manuskrip-manuskrip ini tetapi juga signifikansi historisnya.

Pemilik dan CEO Mueller dan Schindler, Charlotte Kramer, menjelaskan misi mereka kepada Arab News: “Kami menyediakan replika, yang berasal dari istilah Latin ‘fac simile,’ yang berarti ‘membuatnya serupa.’”

Replika adalah reproduksi asli dari manuskrip atau buku cetak, yang menampilkan semua karakteristik asli yang terlihat — warna-warna cerah, hiasan emas dan perak, serta tanda-tanda usia dan ketidakteraturan.

Edisi replika mereka diterbitkan dalam jumlah terbatas, yang menggabungkan ketepatan teknis dengan semangat karya asli.

Menyoroti keunikan yang mereka tawarkan, Kramer mencatat: “Salah satu replika terkenal kami adalah Al-Qur'an Katta Langar, yang berusia lebih dari 1.200 tahun, menjadikannya salah satu fragmen Al-Qur'an tertua. Fragmen ini, yang ditulis dalam kaligrafi Hijazi, penting bagi pengembangan teks Al-Qur'an.”

Selain naskah Al-Qur'an Katta Langar, Mueller dan Schindler memamerkan Al-Qur'an Maroko, yang terdiri dari 50 jilid, yang ditulis dengan cermat dalam aksara Kufi.

Mereka juga memamerkan naskah yang berisi doa-doa Nabi Muhammad, serta teks-teks ilmiah berbahasa Arab, termasuk "Kitab Bintang Tetap" karya Al-Sufi.

Antusiasme para hadirin Saudi telah meninggalkan kesan yang mendalam bagi tim.

"Kami sangat senang berada di sini untuk ketiga kalinya. Orang-orang di sini sangat berpengetahuan dan benar-benar tertarik dengan pekerjaan kami. Mereka terlibat dengan kami, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendalam dan mendengarkan penjelasan kami dengan saksama," kata Kramer.

Pameran ini berakhir pada hari Sabtu.(arabnews)


(ACF)