AlUla Ungkap Studi Inovatif Tentang Permukiman Neolitik di Barat Laut Arab Saudi

N Zaid - Wisata Kuliner 15/07/2024
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id - Bukti arkeologi baru membentuk kembali pemahaman tentang kehidupan Neolitik di barat laut Arab Saudi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Levant.

Penelitian yang dilakukan di bawah naungan Komisi Kerajaan untuk AlUla ini mengungkap masyarakat yang lebih canggih dari yang dibayangkan sebelumnya, menurut laporan Saudi Press Agency.

Jane McMahon dari Universitas Sydney, bekerja dengan tim peneliti sebagai bagian dari proyek penggalian yang diawasi RCU menjelaskan bahwa mereka telah menemukan komunitas kompleks yang terlibat dalam penggembalaan ternak, pembuatan perhiasan, dan berpartisipasi dalam jaringan perdagangan yang luas. Lokasi strategis pemukiman ini memfasilitasi perdagangan dengan wilayah yang jauh, termasuk wilayah timur Yordania dan wilayah pesisir di sepanjang Laut Merah.

Tim peneliti telah menyajikan kesimpulan dan observasi terbaru mengenai penyelidikan arkeologi terhadap struktur yang dikenal sebagai lingkaran batu berdiri. Tempat tinggal ini terdiri dari lempengan batu yang ditempatkan secara vertikal membentuk lingkaran dengan diameter berkisar antara empat hingga delapan meter.

Studi ini meneliti 431 lingkaran batu berdiri di berbagai situs di Harrat Uwayrid di AlUla, dengan 52 buah menjalani survei lapangan dan 11 buah sedang digali.

Para peneliti menemukan bahwa lempengan batu, yang disusun dalam dua baris konsentris, kemungkinan besar berfungsi sebagai fondasi tiang kayu, kemungkinan terbuat dari kayu akasia. Tiang-tiang ini akan menopang atap bangunan. Di tengah-tengah setiap tempat tinggal melingkar, tampaknya ada lempengan batu yang menambatkan tiang kayu utama. Fitur arsitektur ini menunjukkan pemahaman yang canggih tentang distribusi berat dan dukungan struktural di antara penduduk kuno. Penemuan berbagai peralatan dan sisa-sisa hewan di situs tersebut membuat para arkeolog berpendapat bahwa atap tempat tinggal dibuat dari kulit binatang.

McMahon menjelaskan bahwa “penelitian ini menantang hipotesis tentang bagaimana penduduk awal di wilayah barat laut Arab hidup.” Ia menekankan bahwa orang-orang ini bukan sekedar penggembala sederhana tetapi memiliki arsitektur khas, hewan peliharaan, perhiasan, dan peralatan yang beragam. Berdasarkan jumlah dan ukuran lingkaran batu, populasinya kemungkinan besar besar dan jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Rebecca Foote, kepala penelitian arkeologi dan warisan budaya di RCU, menekankan dampak signifikan dari inisiatif arkeologi komisi tersebut. Di bawah pengawasan RCU, apa yang digambarkan sebagai program arkeologi paling komprehensif di dunia telah menghasilkan wawasan penting mengenai kehidupan penduduk Neolitikum di wilayah tersebut. Foote menggarisbawahi dedikasi komisi terhadap upaya penelitian berkelanjutan yang bertujuan untuk menyoroti warisan budaya AlUla yang beragam dan upaya berkelanjutan untuk membangun pusat studi arkeologi yang diakui secara global.

Para peneliti yang meneliti tulang hewan dari situs Harrat Uwayrid telah menemukan bukti kuatnya perekonomian prasejarah. Temuan ini menunjukkan bahwa penduduk zaman dahulu bergantung pada campuran hewan peliharaan seperti kambing dan domba, serta hewan liar seperti rusa dan burung untuk mata pencaharian mereka. Pendekatan yang beragam terhadap eksploitasi hewan ini kemungkinan besar memberikan ketahanan pada populasi dalam menghadapi fluktuasi lingkungan.

Penggalian telah menemukan peralatan yang berhubungan dengan peternakan, termasuk peralatan untuk mencukur wol dan menyembelih domba.

Arrowheads menemukan jenis pencocokan yang digunakan di Yordania bagian selatan dan timur, yang menunjukkan interaksi yang jelas antar wilayah.

Siput kecil berlubang dan cangkang laut, kemungkinan besar digunakan sebagai manik-manik hiasan, ditemukan di lokasi tersebut. Cangkang ini mirip dengan cangkang yang berasal dari Laut Merah, yang berjarak 120 km, yang menunjukkan adanya impor dari pantai selama periode Neolitikum.

Artefak lainnya termasuk ornamen dan gelang dari batu pasir dan batu kapur, serta sepotong kapur batu pasir merah, yang mungkin digunakan untuk menggambar.

Para peneliti menyimpulkan bahwa penelitian tersebut “sangat memperjelas sifat terhubung (namun berbeda) dari periode Neolitikum di AlUla.”

Tim peneliti tersebut terdiri dari para ahli dari King Saud University, warga lokal AlUla seperti Youssef Al-Balawi yang memberikan wawasan etnografi dan budaya, serta mahasiswa dari University of Hail.(arabnews)


(ACF)