Arab Saudi Akan Memperkenalkan Taksi Udara untuk Jemaah Umrah

N Zaid - Umrah 21/07/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Arab Saudi akan merevolusi transportasi jamaah umrah dengan diperkenalkannya taksi udara listrik. Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan signifikan dengan perusahaan penerbangan Jerman Lilium untuk membeli 100 pesawat listrik.

Ini termasuk 50 pesawat yang dikonfirmasi dan opsi untuk tambahan 50 pesawat, dengan pengiriman pertama dijadwalkan pada kuartal keempat tahun 2026.

Taksi udara membuka jalur udara baru ke Makkah pada musim haji dan umrah. Hal ini akan memudahkan perjalanan para peziarah.

Rincian lebih lanjut tentang model pesawat, kapasitas, dan rute spesifik akan diumumkan seiring perkembangan proyek.

Diberitakan sebelumnya, Saudi National Airlines Saudia telah mengontrak pembelian 100 jet Lilium, pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik Jerman (eVTOL), untuk antar-jemput antara bandara King Abdulaziz di Jeddah dan landasan udara di hotel-hotel Mekah dekat Masjidil Haram dan tempat-tempat suci lainnya.

Pesawat eVTOL dapat mengangkut hingga enam penumpang.

Jet-jet tersebut rencananya akan terbang antara bandara Jeddah dan jalur dekat hotel di Mekah tepatnya di mana Masjidil Haram berada.

Arab Saudi terdiri dari Kakbah Suci dan menampung jutaan peziarah di mana-mana untuk menunaikan haji & umrah. Tercatat hampir 2 juta jamaah menunaikan ibadah haji pada tahun 2023 pasca pandemi.

Apalagi, 13,5 juta jamaah menunaikan umrah pada tahun 2023 yang merupakan rekor tertinggi menurut Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Al Rabiah. (theislamicinformation)


(ACF)
TAGs: Umrah