Kenapa Pesawat Dilarang Terbang di Atas Kakbah?

N Zaid - Travel 26/06/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak pernah melihat pesawat terbang melintasi Mekah, Arab Saudi? Jawabannya terletak pada rasa hormat yang sangat besar terhadap Kakbah.

Mengingat pentingnya Kakbah, Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi telah menerapkan zona larangan terbang bagi pesawat yang berada tepat di atasnya.

Pembatasan wilayah udara ini menjamin lingkungan yang damai bagi jamaah yang melakukan ritual keagamaan.

Pertimbangan Keamanan
Mekah adalah kota padat penduduk sepanjang tahun, dengan jutaan peziarah dari seluruh dunia melakukan ritual di sekitar Kakbah.

Kerusakan atau kecelakaan pesawat di atas Kakbah dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat buruk.

Pengendali lalu lintas udara di Arab Saudi memastikan jalur penerbangan dialihkan sepenuhnya di sekitar Mekah. Hal ini menjamin keselamatan jamaah dan kelancaran operasional bandara terdekat di Jeddah dan Taif.

Menjauhkan semua pesawat di atas wilayah udara Mekkah juga dapat memicu polusi suara yang dapat mengakibatkan terganggunya pelaksanaan salat di Masjidil Haram (Masjid al-Haram).

Zona larangan terbang berlaku untuk semua pesawat komersial dan pribadi, memastikan bahwa wilayah tersebut tetap tidak terganggu oleh lalu lintas udara. Mekah tidak memiliki bandara besar di sekitarnya. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, sekitar 70 kilometer (43 mil) jauhnya.


(ACF)
TAGs: Travel