Mahasiswa Jaga Kuil Hindu di Bangladesh Agar Aman dari Perusuh

N Zaid - Pergaulan Islam 11/08/2024
Foto: Clarionindia
Foto: Clarionindia

Oase.id -  Seiring berlanjutnya kekacauan politik, para pemimpin mahasiswa di Dhaka telah mengambil peran untuk menjaga kuil dan gereja Hindu. Mahasiswa dari kampus Islam juga menjaga rumah tangga dan tempat ibadah umat Hindu.

Bangladesh, rumah bagi lebih dari 13 juta umat Hindu, juga memiliki populasi penganut Buddha dan Kristen yang signifikan.

Komunitas Muslim di Bangladesh telah bergerak untuk melindungi kuil dan gereja Hindu. Para pemimpin Muslim dan kelompok mahasiswa secara aktif menjaga tempat ibadah ini di seluruh negeri.

Anjum Ahmed, seorang mahasiswa pengunjuk rasa di Universitas Dhaka, berbagi dengan Anadolu, “Para penjahat menargetkan berbagai lembaga publik dan swasta untuk mendiskreditkan gerakan mahasiswa. Beberapa telah menargetkan rumah dan kuil umat Hindu minoritas, tetapi kami waspada untuk mencegahnya.”

Bahkan mahasiswa dari madrasah Islam mengawasi dengan ketat rumah tangga dan kuil Hindu. Tareque Ahmed, seorang mahasiswa seminari, mengorganisasi kelompok keamanan masyarakat bersama teman-temannya untuk memastikan keamanan rumah tangga umat Hindu saat polisi tidak ada.

“Kami ingin memastikan tidak ada kekerasan komunal,” kata Tareque.

Bangladesh, dengan populasi lebih dari 171 juta, mencakup lebih dari 13 juta umat Hindu, bersama dengan komunitas Buddha dan Kristen.

Kekhawatiran tentang keselamatan minoritas muncul di tengah kekacauan politik dan sosial setelah berminggu-minggu protes, yang menyebabkan pengunduran diri pemerintahan mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina pada hari Senin. Hasina melarikan diri ke India, yang memuji tindakan yang diambil oleh organisasi Bangladesh untuk melindungi kaum minoritas.

Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar mengatakan kepada parlemen pada hari Selasa, “Kami juga memantau situasi mengenai status kaum minoritas. Berbagai kelompok dan organisasi mengambil inisiatif untuk memastikan perlindungan dan kesejahteraan mereka.”

Partai religiopolitik Jamaat-e-Islami menyatakan bahwa relawan dari sayap mahasiswanya, Chhatra Shibir, menjaga kuil saudara-saudara Hindu untuk menjaga kerukunan komunal. "Mereka juga membahas keselamatan dan keamanan dengan komunitas Hindu," partai tersebut berbagi di platform media sosial X.

Jaishankar menambahkan, "Kami menyambut baik hal ini tetapi akan tetap sangat khawatir sampai hukum dan ketertiban dipulihkan secara nyata."

Pemerintah transisi yang dipimpin oleh Pemenang Nobel Muhammad Yunus telah ditunjuk. Saat ini di Prancis, Yunus akan mengumpulkan timnya untuk memerintah negara sampai tindakan selanjutnya ditentukan.(anadolu,theislamicinformation)


(ACF)