Doa-Doa Memohon Pertolongan Allah Agar Bisa Melunasi Utang

N Zaid - Utang-Piutang 25/08/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Salah satu kesempitan yang menjadi hidup terasa berat adalah ketika seseorang berada dalam jeratan utang. Terlebih, pihak yang diutangi terus menerus menuntut agar segera minta dilunasi.

Dalam keadaan seperti itu, selain ikhtiar, doa adalah usaha yang tidak boleh diabaikan. Dengan meningkatkan ketaatan dan memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah subhanahu wa ta'ala, maka harus diyakini bahwa pertolongan Allah akan tiba.

Dalam Islam, terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk memohon agar hutang dapat dilunasi. Berikut adalah beberapa doa tersebut beserta tulisan dalam bahasa Arab dan latin:

1. Doa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam untuk melunasi utang

Doa ini diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada Mu'adz bin Jabal agar dibaca setiap hari.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal huzni, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhli, wa a’udzu bika min ghalabatid-dayni wa qahrir-rijal.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada-Mu dari jeratan utang dan penindasan orang lain."

2. Doa untuk memohon kelapangan rezeki dan kemudahan melunasi utang

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma ikfini bihalalika 'an haramika, wa aghnini bifadhlika 'amman siwaka.

Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dari-Mu dan jauhkan aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak memerlukan selain dari-Mu."

3. Doa memohon rezeki yang berkah untuk melunasi utang

 اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ وَاكْفِنِي بِهِ

Allahumma urzuqni rizqan halalan tayyiban mubarakaan fihi wakfini bihi.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku rezeki yang halal, baik, dan penuh berkah, serta cukupkanlah aku dengannya."

Semoga doa-doa ini dapat membantu dalam memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala agar diberikan kemudahan dalam melunasi hutang dan memperoleh rezeki yang berkah.


(ACF)