Imam Masjid Nabawi Sheikh Ahmed Al-Huthaifi Kunjungi Indonesia

N Zaid - Nabawi 08/10/2024
Sheikh Ahmed Al-Huthaifi. Foto: Haramain
Sheikh Ahmed Al-Huthaifi. Foto: Haramain

Oase.id - Imam Masjid Nabawi, Sheikh Ahmed Al-Huthaifi, melakukan kunjungan lima hari ke Indonesia untuk bertemu dengan sejumlah tokoh negara dan Islam. Al-Huthaifi juga akan memimpin salat Jumat dan menyampaikan khotbah di Masjid Istiqlal.

Masjid Nabawi di Madinah adalah salah satu dari tiga tempat tersuci dalam Islam, bersama dengan Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Imamnya tiba di Jakarta pada Senin malam dan bertemu dengan Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin dan pejabat dari Majelis Ulama Indonesia pada Selasa.

“Wakil presiden berharap kunjungan imam Masjid Nabawi akan memperkuat hubungan persahabatan antara negara kita, bukan hanya hubungan bilateral antara kedua negara, tetapi juga hubungan antarmasyarakat,” kata Masduki Baidlowi, juru bicara wakil presiden.

“Ini agar warga Indonesia dan Saudi dapat lebih terhubung, bertukar ide dan budaya.”

Al-Huthaifi akan memimpin salat Jumat dan menyampaikan khotbah di Masjid Istiqlal di Jakarta yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.

Ia juga dijadwalkan mengunjungi pesantren di ibu kota Indonesia dan bertemu dengan para pemimpin organisasi Muslim terbesar di negara ini, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

"Ini adalah kunjungan yang sangat penting, terutama karena ia adalah imam Masjid Nabawi, yang sangat dihormati oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia," kata Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, ketua hubungan luar negeri Majelis Ulama Indonesia.

Ia berharap kunjungan tersebut akan meningkatkan hubungan antara Arab Saudi dan Indonesia dan berkontribusi untuk memperkuat komunitas Muslim global.

"Hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi harus diperkuat untuk masa depan, terutama karena dunia saat ini sedang menghadapi kekacauan dengan dampak dari apa yang terjadi di Palestina, yang terus menjadi sasaran genosida oleh Israel, dengan kerusakan yang meluas ke Lebanon selatan," kata Hakim.

"Persatuan di antara umat Islam akan memiliki efek konstruktif dalam ... membangun perdamaian dan keamanan di tingkat global."(arabnews)


(ACF)
TAGs: Nabawi