Setidaknya 6 Orang Tewas Dalam Serangan Masjid di Oman

N Zaid - Masjid 16/07/2024
Foto:Edarabia
Foto:Edarabia

Oase.id - Setidaknya enam orang tewas dan 28 lainnya terluka dalam penembakan di sebuah masjid di Oman dalam aksi kekerasan yang jarang terjadi di negara Teluk tersebut.

Serangan pada Senin malam terjadi di Wadi al-Kabir, sebuah distrik di sebelah timur ibu kota Muscat, saat acara keagamaan besar bagi Muslim Syiah.

Video dari lokasi kejadian menunjukkan orang-orang melarikan diri di dekat Masjid Imam Ali, menaranya terlihat, ketika suara tembakan terdengar diikuti oleh suara yang berkata, “Ya Tuhan!”

Empat warga Pakistan dan seorang polisi termasuk di antara mereka yang tewas dan sedikitnya 28 orang lainnya terluka, kata pihak berwenang Pakistan dan Oman.

Polisi Oman mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa tiga pria bersenjata di balik serangan itu tewas dan petugas polisi telah “menyimpulkan prosedur untuk menangani penembakan tersebut,” katanya.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Pakistan mengutuk keras serangan teroris yang keji itu. Kami berbesar hati karena pemerintah Oman telah berhasil menetralisir para penyerang,” kata Kementerian Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Peringatan Asyura
Duta Besar Pakistan untuk Oman, Imran Ali, mengunjungi rumah sakit dan bertemu dengan korban luka, kata pernyataan kedutaan, seraya menambahkan, “semua warga Pakistan yang tinggal di Oman diminta untuk bekerja sama dengan pihak berwenang”.

Kedutaan Besar AS di Muscat mengeluarkan peringatan keamanan setelah penembakan tersebut. “Warga AS harus tetap waspada, memantau berita lokal, dan memperhatikan arahan dari otoritas setempat,” tulis kedutaan di X.

Serangan seperti ini jarang terjadi di Oman, karena Oman merupakan negara yang sering menjadi mediator regional dengan tingkat kejahatan yang rendah. Itu terjadi pada hari Asyura ketika Muslim Syiah memperingati kesyahidan Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, di medan perang pada abad ketujuh.

Banyak umat Syiah memperingati Asyura dengan melakukan ziarah ke tempat suci Imam Hussein di kota Karbala, Irak. Muslim Sunni memperingati hari itu melalui puasa.(aljazeera)


(ACF)
TAGs: Masjid