Tashkent: Permata yang Kurang Dikenal di Jalur Sutra

N Zaid - Travel 18/10/2024
ilustrasi. Foto: Pixabay
ilustrasi. Foto: Pixabay

Oase.id - Tashkent mungkin tidak setenar Paris, Roma, atau Barcelona karena arsitektur dan budayanya, tetapi ibu kota Uzbekistan ini merupakan permata yang kurang dikenal oleh para wisatawan.

Dengan populasi lebih dari tiga juta jiwa, Tashkent merupakan kota terbesar di Asia Tengah, yang sebelumnya merupakan bagian dari Uni Soviet. Tashkent — yang berarti "kota batu" — secara historis penting sebagai salah satu dari beberapa pusat perdagangan (bersama dengan kota-kota tetangganya Bukhara dan Samarkand) di Jalur Sutra yang membentang dari Eropa hingga Tiongkok. Pada abad ke-8, kota ini berada di bawah kekuasaan Muslim Arab, dan arsitektur Islam, yang dihiasi dengan ubin biru yang memukau yang senada dengan langit di atas Tashkent, tetap menjadi ciri khasnya.

Di bawah kekuasaan Soviet, Tashkent mengalami peningkatan gaya modernis berupa bangunan-bangunan berat dan brutalis yang disukai oleh Uni Soviet — lihat, misalnya, bagian luar Hotel Uzbekistan yang megah dan menyerupai kisi-kisi, yang dibangun pada tahun 1974. Antara tahun 1960-an dan 1990-an, bangunan-bangunan seperti itu merupakan bagian dari rencana untuk membangun kembali kota tersebut setelah gempa bumi pada tahun 1966.

Salah satu bangunan termegah di Tashkent adalah Teater Alisher Navoiy yang terletak di pusat kota, sebuah gedung opera elegan yang dibuka pada tahun 1930-an, memainkan melodi abadi dari maestro klasik Tchaikovsky, Prokofiev, dan Verdi. 

Gedung ini dinamai menurut penyair dan pahlawan nasional yang dijuluki "bapak sastra Uzbekistan," yang lahir di Afghanistan modern pada tahun 1400-an. Dirancang oleh arsitek Soviet Alexey Shchusev, gedung opera berkapasitas 1.500 tempat duduk ini memancarkan elemen gaya Eropa dan Oriental. Enam lobinya dinamai menurut kota-kota Uzbekistan yaitu Bukhara, Khorezm, Samarkand, Fergana, Termez, dan Tashkent.

Sejumlah museum — yang dikhususkan untuk sejarah, seni, geologi, dan peperangan — ada di ibu kota; salah satu yang terbaik adalah Museum Seni Terapan yang sangat berhias, yang memberi penghormatan kepada kerajinan tangan yang halus dari para perajin tradisional Uzbekistan, dan memamerkan sulaman, tembikar, lukisan miniatur, perhiasan, dan persenjataan. Bangunan itu sendiri juga merupakan sebuah karya seni, memamerkan langit-langit kayu yang mendetail dengan motif bunga dan geometris.

Ada lebih dari 2.000 masjid di Uzbekistan dan salah satu yang tertua adalah Madrasah Kukeldash, yang didirikan pada tahun 1500-an. Situs yang tenang ini, yang telah dipugar dan digunakan untuk berbagai keperluan selama bertahun-tahun, awalnya dibangun untuk menyelenggarakan pelajaran dalam studi Islam dan Al-Qur'an (pelajaran yang masih berlangsung hingga saat ini). Tempat ini juga memiliki studio kaligrafi yang intim. Fasad utamanya menampilkan kitab suci Arab dan pola lengkungan, yang dihiasi oleh mosaik yang didominasi warna biru.

Di dekatnya terdapat Chorsu Bazaar yang ramai dan besar, tempat penduduk setempat berbelanja makanan, rempah-rempah, barang pecah belah, dan pernak-pernik. Buah delima berwarna merah delima sangat populer, dan juga ditampilkan sebagai motif pada pakaian, yang berfungsi sebagai simbol negara. Pasar ini berada di bawah kubah berhias biru, yang dirancang pada tahun 1980.

Jika Anda mencari lokasi yang lebih tenang, maka Rakhimovs Ceramic Studio adalah tempat yang tepat. Surga kreativitas ini, yang dapat diakses hanya dengan membuat janji temu, bertujuan untuk melestarikan warisan seni keramik. 

Penuh dengan potongan-potongan tembikar yang dihias, tempat yang dikelola keluarga ini menceritakan kisah empat generasi ahli keramik, dimulai dengan salah satu perajin keramik terkemuka abad ke-20 dan pemulih mosaik Tashkent Mukhitdin Rakhimov hingga cucunya, Alisher Akbarovich Rakhimov, yang telah mewariskan seni tembikar kepada putranya, Shokhrukh.

Dan daya tarik Tashkent tidak hanya di permukaannya. Pastikan untuk mengunjungi Metro Tashkent, yang, pada tahun 1977, menjadi sistem kereta bawah tanah pertama di Asia Tengah. 29 stasiunnya menyerupai galeri seni, penuh dengan kolom-kolom yang canggih, kubah berpola, ubin berwarna-warni, dan mural dengan kisah-kisah kebanggaan nasional untuk diceritakan. 

Mungkin stasiun yang paling terkenal dalam sistem ini adalah Kosmonavtlar (Kosmonot), dengan interior biru-putih yang terinspirasi oleh 'perlombaan antariksa', yang terjadi antara tahun 1950-an dan 1970-an. Dinding stasiun memamerkan medali besar yang menggambarkan astronot terkemuka Uni Soviet, Yuri Gagarin dan Valentina Tereshkova, masing-masing pria dan wanita pertama yang pergi ke luar angkasa.

Tashkent merupakan lokasi yang ideal bagi para pencinta arsitektur yang ingin menemukan sesuatu yang tidak biasa. Kota ini memiliki lanskap bangunan tua dan modern yang menarik secara visual, yang menunjukkan warisan budaya kota yang beragam, yang layak untuk dilestarikan dan diperhatikan.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Travel